
Copywriting adalah salah satu elemen penting dalam dunia perikalanan dan pemasaran.
Copywriting merupakan teknik menulis dengan kata-kata persuasif untuk mendorong seseorang mengambil tindakan tertentu. Hal ini sering dijumpai pada salinan di media cetak, online, dan bahkan di televisi atau radio.
Lalu siapa orang yang membuat tulisan copywriting?
Copywriter adalah individu yang menyusun kata-kata dengan cara tertentu, untuk menarik ketertarikan audiens dan menggerakkan mereka untuk melakukan sesuatu. Sebagian besar bisnis menyewa copywriter untuk membantu mereka berkomunikasi dengan dunia dan mengembangkan bisnis mereka.
Copywriting memiliki jenis yang berbeda-beda, namun, pada dasarnya copywriting merupakan suatu tindakan mempelajari audiens tertentu dan memahami kebutuhan dan keinginan mereka.
Copywriter akan menyusun strategi cara terbaik untuk terhubung dengan audiens, dan menunjukkan kepada audiens bahwa masalah mereka dipahami, dan menyajikan solusi.
Solusi yang mereka berikan biasanya merupakan suatu produk yang mana mereka memang dibayar untuk mempromosikannya.
Seorang copywriter menyediakan kata-kata untuk berbagai produk termasuk ; halaman web, blog, artikel, iklan, postingan media sosial, email, poster, billboard, panduan, studi kasus, whitepaper dan banyak lagi.
Mereka menggunakan media tulisan untuk menginformasikan, melibatkan, mempengaruhi, dan/atau membujuk audiens.
Tujuannya dapat bervariasi dari meningkatkan kesadaran merek hingga memposisikan bisnis atau organisasi sebagai otoritas, hingga menutup penjualan.
Dikutip ari fiverr.com pada 7 September 2022, berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan oleh copywriter.
1. Menulis konten dengan tujuan menginformasikan, mendidik, atau menginspirasi audiens
2. Menulis salinan untuk menggerakkan pembaca untuk bertindak
3. Meneliti untuk menemukan informasi, statistik, kata kunci, topik, dan informasi merek
4. Mengedit dan mengoreksi untuk menyempurnakan tata bahasa, gaya, keterbacaan, akurasi, suara, nada, dan tanda baca
5. Bekerja sebagai manajer proyek, yang melibatkan ide topik, bekerja dengan pembuat konten lain, menulis, mengedit, merevisi, dan menerbitkan.
Demikian penjelasan mengenai copywriting dan copywriter.
Artikel ini telah tayang di : https://www.pikiran-rakyat.com/belia/pr-015454286/mengenal-copywriting-dan-tugas-copywriter-simak-penjelasannya?page=2