Gerhana Bulan Total Akan Disiarkan Langsung Observatorium Bosscha, Ini Jadwalnya!

oleh
TEMPO/Prima Mulia
TEMPO/Prima Mulia

Bandung – Observatorium Bosscha akan melakukan pengamatan secara internal peristiwa gerhana bulan total pada 8 November 2022 di Lembang, Bandung.

Menurut peneliti sekaligus juru bicara Observatorium Bosscha, Yatny Yulianti, observatorium itu merencanakan acara siaran langsung pengamatan dari beberapa lokasi lewat kanal di YouTube.

“Selain pengamatan dari Lembang, akan ada juga dari Ambon, dan mudah-mudahan bisa dari Kupang juga,” katanya, Ahad, 30 Oktober 2022. Kolaborasi lainnya tengah diupayakan bersama Planetarium Jakarta dan rekan astronom amatir di Singapura.

Acara pengamatan di Lembang, menurut Yatny, akan berlangsung tertutup dari publik. Namun di Ambon, kabarnya akan berlangsung secara terbuka bagi umum di Lapangan Merdeka.

Pengamatan di Ambon merupakan kolaborasi Ganesha Foundation 83 (G83), BMKG Ambon, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Maluku, serta komunitas lokal Ambon Music Office (AMO).

“Acara di Ambon agak ramai karena sebelumnya kami melaksanakan kegiatan pelatihan guru bersama dengan teman-teman tersebut,” ujar Yatny.

Sementara itu komunitas astronomi Langit Selatan di Bandung, juga merencanakan pengamatan bareng. Namun, menurut penggiat komunitas itu, Avivah Yamani, lokasinya kini masih dicari.

Gerhana bulan total di Indonesia pada 8 November 2022 akan muncul dengan berbagai fase sesuai wilayah pengamatan. Dimulai dari pukul sekitar pukul 15.00 WIB hingga selesai hampir pukul 21.00, fase total gerhana bulan akan selama hampir 1,5 jam dari pukul 17.16.39 sampai 18.41.36 WIB.

Saat fase total gerhana itu, menurut Avivah, bulan seolah-olah hilang ditutupi bayangan hitam gelap dari bumi yang menghalangi sinar matahari ke bulan.

“Tapi masih tampak kemerahan karena masih ada cahaya matahari yang diteruskan ke bulan saat melewati atmosfer bumi,” ujarnya.

 

Sumber: Tempo.co

No More Posts Available.

No more pages to load.