Cara Menulis Surat Lamaran yang Baik dan Benar

oleh
(Shutterstock)
(Shutterstock)

Surat lamaran kerja biasanya adalah syarat untuk melamar suatu pekerjaan, lewat surat lamaran kerja ini HRD akan menyeleksi orang-orang yang dirasa cocok untuk pekerjaan tersebut.

Maka dari itu tentu saja surat lamaran kerja sangat penting dalam menentukan proses seseorang di pertimbangkan seorang HRD, agar kamu tidak salah menulis surat lamaran kerja, berikut langkah-langkah cara menulis surat lamaran kerja.

Tulis tangan

1. Siapkan kertas folio bergaris
2. Tulis dengan tangan sendiri
3. Pastikan rapi dan yakin dengan kata yang akan di tulis, karena surat lamaran kerja biasanya tidak memperbolehkan memakai tipe X karena hal itu dapat mencerminkan sifat calon pelamar kerja yang tidak berhati-hati atau ceroboh
4. Tuliskan tempat atau kota, tanggal, bulan dan tahun pada ujung bagian atas ujung kertas
5. Tuliskan tujuan surat setelah dua spasi di bawah bagian atas surat pada bagian kanan dengan menuliskan posisi yang dituju, alamat kantor dan kota kantor
6. Setelah bagian pembuka selesai, lanjut tulis bagian isi atau tubuh surat dengan menuliskan salam pembuka, seperti salam hormat atau salam
7. Lanjutkan dengan menuliskan informasi pribadi seperti nama, tempat dan tanggal lahir di lengkapi dengan tahun, alamat, nomor telepon, dan pendidikan terakhir atau posisi terakhir saat bekerja.
8. Jelaskan lebih detail pengalaman kerja dengan singkat, padat dan jelas mengenai tanggung jawab pada posisi tersebut atau bahkan pencapaian selama bekerja
9. Apabila kamu belum pernah bekerja sebelumnya, atau tidak memiliki pengalaman kerja, kamu dapat menuliskan keunggulan sifatmu atau kegiatan semasa menempuh pendidikan bahkan prestasi yang kamu raih selama pendidikan.
10. Jangan lupa untuk menuliskan posisi yang ingin kamu lamar dan alasan kamu melamar posisi tersebut di perusahaan tersebut.
11. Dan tuliskan lampiran dokumen pendukung
12. Lalu pada bagian penutup surat, kamu dapat menyertakan salam penutup dan tanda tangan.

Handphone (Hp)

1. Buka notes hp
2. Tuliskan draft yang berisi bagian pembukaan surat seperti tujuan, departemen maupun perusahaan yang dituju
3. Tuliskan salam pembuka
4. Lanjutkan dengan tubuh atau isi surat lamaran kerja
5. Tuliskan identitas pribadi seperti pendidikan terakhir, lama menempuh pendidikan, motivasi melamar posisi tersebut, lalu harapan-harapan.
6. Tulis data-data yang terlampir
7. Salam penutup di lengkapi dengan tanda tangan
8. Lalu salin ke aplikasi Ms. Word di hp, sesuaikan layout
9. Ekspor dalam bentuk pdf
10. Dan surat lamaranmu telah siap di kirim
Seperti itulah cara menulis surat lamaran kerja, perhatikan poin-poinnya agar tidak membuat kesalahan dan kamu dapat mengirimkan surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk mendapatkan posisi atau pekerjaan yang kamu inginkan, semoga berhasil dan bermanfaat.

Artikel ini sebelumnya tayang di : https://blitz.suara.com/read/2022/08/22/162500/jangan-sampai-salah-ucapan-ini-cara-menulis-surat-lamaran-yang-baik-dan-benar

No More Posts Available.

No more pages to load.