Asal-Usul Dibalik Nama Android

oleh
(Foto: Dado Ruvic/Reuters)

Tidak dipungkiri jika Android kini menjadi sistem operasi sejuta umat. Sejak dirilis tahun 2008 lalu, OS ini telah digunakan hampir di seluruh dunia. Namun bukan cuma OS saja, kata Android ternyata juga punya arti.

Dilansir dari detikInet, Android awalnya adalah sebuah startup yang didirikan oleh Andy Rubin dan kawan-kawannya. Andy sendiri adalah mantan pegawai Apple.

Awalnya Android dirancang sebagai sistem operasi untuk kamera digital. Di kemudian hari, Andy merasa Android lebih berpotensi menjadi pesaing Windows Mobile atau Symbian yang jaya kala itu.

Andy Rubin sempat mendekati HTC dan Samsung untuk mendukung Android, tapi gagal. Hingga akhirnya Google membeli Android Inc senilai USD 50 juta di tahun 2005.

Soal kata Android, diketahui merupakan julukan untuk robot berbentuk seperti manusia. Bahkan kata Android ini sudah digunakan sejak tahun 1700-an untuk menamakan perangkat mekanik yang mirip manusia.

Mengenai asal usulnya, akar katanya adalah dari bahasa Yunani. Andr artinya adalah manusia dan oid berarti seperti. Jadi jika digabung artinya adalah seperti manusia.

Nah, Android sebagai nama OS sebenarnya tidak berhubungan langsung dengan OS-nya sendiri. Seperti dikutip detikINET dari Howtogeek, pada saat Andy Rubin bekerja di Apple dari tahun 1989 sampai 1992, dia dijuluki sebagai Android.

Itu karena Andy dikenal sangat menyukai dunia robotika. Bahkan Andy pernah punya website pribadi bernama Android.com. Maka saat mendirikan startup, namanya pun adalah Android. Jadi begitulah arti kata Android. Adapun Andy Rubin sendiri saat ini sudah tidak bekerja di Google.

 

Sumber: detikcom

No More Posts Available.

No more pages to load.